#News:  Semenanjung Korea Memanas, Belum Ada Rencana Evakuasi WNI
AnekaNews.com  – Ketegangan yang terus meningkat di kawasan Semenanjung Korea, membuat beberapa negara berencana untuk mengevakuasi warga negaranya dari Korea Selatan. Salah satunya Indonesia.

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir, Amerika Serikat, sebagai salah satu negara yang mengecam tindakan agresif Korea Utara, dikabarkan mengirimkan kapal induk USS Carl Vinson ke perairan Korea.

Hal ini untuk menanggapi meningkatnya kekhawatiran akan uji coba nuklir dan rudal negeri Kim Jong-un itu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir mengatakan, saat ini ada sekitar 38 ribu di Korea Selatan dan sekitar 40 warga Indonesia di Korea Utara. Namun, belum ada rencana dari pemerintah Indonesia untuk melakukan evakuasi warganya.

“Indonesia mendorong semua pihak untuk mengurangi ketegangan dan menempuh jalur diplomasi untuk menyelesaikan masalah di sana. Kita tidak ingin situasi semakin runcing,” ujar Arrmanatha di Jakarta, Kamis 27 April 2017.

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat, setelah tindakan sepihak Pyongyang atas uji coba nuklirnya. Lantaran terus-terusan disudutkan, Korea Utara mengancam akan menenggelamkan kapal induk USS Carl Vinson.

Langkah ini dianggap sebagai cara bagi Korea Utara, untuk menunjukkan kekuatan militernya dalam ketegangan yang meningkat belakangan ini.