#Bola:  Surat Terbuka Mengharukan Pemain Asing Persija Buat Jakmania

AnekaNews.com  – Kondisi buruk yang menimpa Persija Jakarta membuat salah satu pemain asingnya buka suara. Gelandang asal Korea Selatan, Hong Soon-hak, menulis sebuah surat terbuka untuk The Jakmania, suporter setia Persija.

Saat ini, Persija gagal meraih satu pun kemenangan dalam 11 pertandingan Torabika Soccer Championship terakhir. Posisi Macan Kemayoran pun terpuruk di peringkat 18 klasemen paruh musim.

Berbagai kritik pun menghampiri baik tim maupun manajemen Persija atas tren negatif yang tak kunjung berhenti ini, Soon-hak pun melihat hal itu menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang pemain asing, yang diharapkan mampu mendongkrak penampilan sebuah tim.

Dalam surat terbukanya di akun Instagram, Soon-hak menceritakan beberapa hal termasuk pengalamannya saat membela Suwon Samsung Bluewings di kampung halamannya yang mengalami nasib serupa dengan Persija saat ini.

Tetapi, yang paling mengharukan ketika ia bercerita tentang kondisi di dalam tim Persija saat ini. Betapa terpukulnya para pemain, termasuk para pemain muda yang sampai menangis. Ia pun meminta suporter tetap rapatkan barisan meski kondisi tim kesayangan mereka sedang terpuruk.

Berikut isi surat terbuka yang ditulis Soon-hak untuk para The Jakmania :

“Persija sekarang dalam situasi yang sangat sulit. Saat ini saya pikir Jakmania itu adalah suporter, bukan hanya terbaik di Indonesia tapi, paling terbaik di dalam seluruh Asia. Sekarang kita perlukan kekuatan dari Jakmania.”

“Situasi sekarang akan bikin kapten dan pemain veteran merasakan tertekan. Pemain muda merasa terhenti berkembang. Ini akan bikin pada pemain tidak mengeluarkan pernampilan terbaiknya saat bermain.”

“Bahasa Indonesia saya tidak begitu bagus, tapi saya tetap bisa dengar bahasa kasar yang ditujukan kepada beberapa permain kita saat kita baru saja naik bis. Saya merasa sangat kecewa dengar omong kasar dari suporter.”

“Di dalam bis, saya liat banyak pemain yang menyalahkan diri sendiri dengan menundukkan kepala ke bawah. Saya lihat salah satu pemain muda nangis di hotel dan saya merasah sakit hati. Tapi saya percaya bawa pemain muda yang nangis di dalam kamar itu satu hari akan menjadi salah satu pemain yang paling hebat di Indonesia.”

“Semua pemain Persija telah berkomitmen untuk mengatasi situasi ini. Jika ada masalah, saya percaya bahwa saya sendiri sebagai permain asing harus tanggung jawab untuknya.”

“Misalkan hasilan dari putaran kedua tidak bagus, saya yang harus tanggung jawab. Putaran kedua akan mulai minggu depan. Saya ingin Jakmania untuk bisa menjadi kekuatan kita.”

“Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas akan merasa banyak beban tapi mereka akan usaha untuk mengatasi situasi ini. Saya ingin Jakmania untuk menjadi kekuatan buat Ismed Sofyan, Bambang Pemungkas dan semua pemain di Persija.”

“Meskipun sekarang kita dalam kondisi yang tidak begitu bagus, tolong datang ke stadion dan bersorak buat kita, biar keringatan dan titik air mata pemain tidak sia-sia. Saya akan tetap main sepakbola walaupun cuman satu Jakmania datang di stadion buat saya!”

 

 

I am a happy person! Karna saya punya banyak fan yang bikin saya kuat walaupun saya sendiri ada kekurangan waktu main sepak bola. Saya suda pernah dapat mendukung selama 8tahun dari Grand Bleu yang adalah supporters juara satu di Asia. Setelah itu sekarang saya lagi dapat mendukung dari Jak Mania yang adalah supporters yang paling hebat di Indonesia. Persija adalah salah satu club yang paling besar. Tapi Persija sekarang lagi didalam keadaan yang susah. Saya pernah pengelaman keadaan yang mirip seperti ini waktu saya di Suwon Samsung Bluewings pada tahun 2009. Di tahun 2008 kita menang league champion dan cup champion yang bikin kita menjadi champion dari dua champion. Tapi kita baru saja menjadi babak16 di ACL. Dan kita selesai babak pertama untuk tahun 2009 dengan rendah. Saya pernah jadi subcaptain di tahun 2009. Waktu itu captain kita lagi cedera dan tidak bisa main, jadi saya sebagai subcaptain harus tangung jawab tim sendiri. Waktu itu saya merasah sulit secara pribadi tapi saya dapat kekuatan dari Grand Bleu supporters yang paling hebat di Asia, mereka yang bantuin saya menjadi semangat. Mereka yang memungkinkan saya dan pemain dorongan yang luar biasa waktu kita lagi merasa sulit Kita berhasil untuk mendapatkan hasil yang bagus untuk babak kedua. Ini semua adalah akibat dari Grand Bleu yang selalu bersorak buat kita dan percaya dalam kita. Akibatnya adalah kita kejuaraan FA cup. Saya merasa kita dapatkan kekuatan kita dari supporters. terjemah oleh Keum. #??????? #guepersija

A photo posted by Hong soon hak on


 

 

Persija sekarang dalam situasi yang sangat sulit. Saat ini saya pikir Jak Mania itu adalah supporters bukan hanya terbaik di Indonesia tapi paling terbaik di dalam seluru Asia. Sekarang kita perlukan kekuatan dari Jak mania. Situasi sekarang akan bikin captain dan pemain veteran merasakan peruntukan. Pemain muda merasa terhenti pertumbuhan. Ini akan bikin pada pemain merasa terhenti pertumbuhan saat main sepak bola. Bahasa Indonesia saya tidak begitu bagus tapi saya tetap bisa dengar bahasa kasar yang ditujui kepada beberapa permain kita saat kita baru saja naik bis. Saya merasa kecewaan habis dengar omong kasar dari supporters. Di dalam bis saya liat banyak pemain yang pikirkan salahan sendiri dengan tunjukin kepala ke bawa. Saya liat salah satu pemain muda nangis di hotel dansaya merasah sakit hati. Tapi saya percaya bawa pemain muda yang nangis di dalam kamar itu satu hari akan menjadi sala satu pemain yang paling hebat di Indonesia. Semua pemain Persija telah berkomitmen untuk mengatasi situasi ini. Jika ada masalah, saya percaya bawa saya sendiri sebagai permain asing harus tanggung jawab untuknya Misalkan hasilan dari second round tidak bagus saya yang harus tanggung jawab untuknya. Second round akan mulai minggu depan. Saya ingin Jak mania untuk bisa menjadi kekuatan kita. Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas akan merasa banyak beban tapi mereka akan usaha untuk mengatasi situasi ini. Saya ingin bawa Jak mania untuk menjadi kekuatan buat Ismed Sofyan, Bambang Pemungkas dan semua pemain di Persija. Meskipun sekarang kita dalam kondisi yang tidak begitu bagus , tolong datang ke stadion dan bersorak buat kita biar keringatan dan titik air mata pemain tidak kesombongan Saya akan tetap main sepak bola walaupun cuman satu Jak Mania datang di stadion buat saya! terjemah oleh Keum. #jakmania #guepersija Photo by @imammiot

A photo posted by Hong soon hak on