#Terkini:  Perpendek Antrean, Pemerintah Incar Kuota Haji Negara Lain

AnekaNews.com  – Antrean panjang calon jamaah haji menjadi perhatian. Antrean bahkan diketahui bisa hingga 39 tahun ke depan. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah bahkan mengaku sudah coba mengincar kuota negara lain.

“Hanya memang persoalannya tidak sederhana. Contoh, kuota Iran. Sejak beberapa bulan lalu, kami sudah mengetahui kecenderungan kuatnya Iran tidak akan berhaji tahun ini,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 29 Agustus 2016.

Lukman mengatakan, permintaan pengalihan kuota dari negara lain itu belum mendapat respons positif dari Arab Saudi. Selain karena belum ada regulasinya, Saudi juga masih ingin menjaga kuota negara lain yang memiliki hak.

“Mereka juga tidak bisa begitu saja memberikan kepada Indonesia, karena negara lain tentu meminta perlakuan yang sama dan punya hak yang sama,” ujar Menag.

Namun Lukman menerangkan, Pemerintah Indonesia masih akan terus berusaha membujuk Arab Saudi agar kuota setidaknya tidak berkurang. Dalam hal ini Kemenag juga meminta bantuan Kementerian Luar Negeri untuk berdiplomasi.

“Tahun ini pemerintah Arab Saudi berjanji menuntaskan renovasi Masjidil Haram sehingga tahun depan kuota jadi normal, sehingga tidak kena potongan 20 persen,” kata Menteri Lukman.