#Terkini:  Masukan Tim Pengawas Haji DPR Soal Fasilitas Jemaah

AnekaNews.com  – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menyampaikan kritik terkait persiapan dan pelaksanaan haji. Menurutnya, mindset pemerintah soal haji harus berubah.

“Indonesia jangan seperti peserta haji dengan jumlah kecil, tamu kecil. Jemaah haji kita mayoritas. Nampak di hotel-hotel, apartemen, pasar, orang Indonesia semua,” kata Fahri.

Menurutnya, mentalitas pemerintah dalam mengelola haji harus sebagai penyelenggara yang memberikan masukan dan mengambil saham. Sehingga seharusnya hotel, apartemen, katering, dan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dimiliki Indonesia.

“Mekah Madinah kota internasional. Harusnya kita gerak di sana seperti orang Turki. Sekarang tinggal cara ngomongnya pada Pemerintah Saudi,” ujarnya menambahkan.

Ia menjelaskan, saat ini fasilitas kesehatan seperti rumah sakit yang ada hanya rumah sakit dadakan. Menurutnya akan lebih baik ketika Indonesia memiliki rumah sakit meskipun swasta yang bagus dan bisa dikontrak saat musim haji.

“Indonesia bisa kirim tim kesehatan. Dalam musim haji rumah sakit ini bisa dikontrak. Saudi kasih tidak? Kita ngomong dulu.”