#Terkini:  Virus Zika Ada di Indonesia

AnekaNews.com  – Selain di Singapura, penyebaran virus zika juga ditemukan di Indonesia. Hal itu diakui oleh Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa, 30 Agustus 2016.

Pihaknya mendapat laporan bahwa sudah ada warga Indonesia yang terkena virus zika. “Ada temuan Suku Anak Dalam di Jambi itu positif,” ujar Nila.

Nila menjelaskan, orang tersebut positif zika setelah dilakukan penelitian laboratorium. Nila mengatakan, demam berdarah dan penyakit akibat zika memang memiliki penyebab sama yaitu nyamuk Aedes Aegypti.

“Jadi kemungkinan kita bisa terkena juga zika, dan ada beberapa laporan yang sudah pulang dari Indonesia, wisatawan positif zika dari Indonesia,” kata Nila.

Menurut Nila, bahaya virus zika khususnya bagi ibu hamil. Dikhawatirkan, ibu hamil yang terjangkit virus ini akan melahirkan anak dengan kepala yang kecil atau mikrocefali dan penyakit saraf yang disebut guillain barre.

Untuk saat ini, jumlah yang terindikasi terkena zika di Indonesia, kata Menkes, memang belum signifikan.

“Yang di Anak Suku Dalam saya bicara dengan penelitinya, hanya satu atau berapa gitu, tidak sampai puluhan. Sampai saat ini laporan yang ke kami tidak banyak,” kata Nila.

Sama seperti Singapura, menurut Nila, antisipasi telah dilakukan pemerintah dengan menempatkan petugas kesehatan di pintu masuk dan keluar wilayah negara seperti pelabuhan dan bandara.  

“Kalau positif demam kami minta diambil darahnya dan mengisi kartu alert atau kartu kewaspadaan. Kalau nanti hasilnya positif kami bisa memantau orangnya,” kata Nila.