#Bola:  Striker Legendaris Indonesia Resmi Tukangi Persija

AnekaNews.com  – Persija Jakarta akhirnya mendapatkan pelatih baru. Bukan pelatih asing, manajemen Persija justru merekrut juru taktik lokal demi memimpin Ismed Sofyan dan kawan-kawan di putaran kedua Torabika Soccer Championship .

Adalah Muhammad Zein Al Hadad yang direkrut oleh Persija. Nama Zein, atau biasa disapa Mamak, sebenarnya tak asing di kancah sepakbola nasional.

Dia adalah salah satu striker legendaris di era Galatama. Bersama Niac Mitra, Mamak sempat menjadi top scorer Galatama di musim 1987/88. Di musim yang sama, Niac Mitra juga berhasil menjadi juara.

Pria berdarah Arab tersebut juga merupakan langganan timnas Indonesia di era 1986 hingga 1989. Mamak kemudian gantung sepatu saat Niac Mitra bubar di era 1990-an, dan status one man club melekat kepadanya.

Setelah pensiun, Mamak memulai karier kepelatihannya sebagai asisten pelatih di klub internal Persebaya Surabaya, Assyabaab Salim Group Surabaya. Dia menjadi asisten di era 1991 hingga 1993.

Pada 1993, dia promosi menjadi pelatih kepala. Mamak menjabat sebagai pelatih kepala hingga 1997.

Torehan terbaik pelatih berambut kribo tersebut adalah ketika menangani Deltras Sidoarjo pada Copa Indonesia 2009 silam. Kala itu, dia berhasil mengantarkan Deltras menempati posisi ketiga Copa Indonesia.

Padahal, saat itu The Lobster hanya bermodal pemain kelas menengah. Mamak pun dinobatkan sebagai pelatih terbaik.

Mamak sempat menganggur lama. Hingga akhirnya, pada 2014 silam, dia masuk ke dalam staf kepelatihan Timnas U-23. Dia menjadi pelatih fisik Timnas U-23, yang dipimpin Aji Santoso, hingga SEA Games 2015 berakhir.

“Muhammad Zein Al Hadad resmi menjadi pelatih kepala Persija mulai hari ini #Persija #TSC2016ID,” begitu pernyataan resmi Persija lewat akun twitter resminya, @Persija_Jkt.

Muhamad Zein Al Hadad resmi menjadi pelatih kepala Persija mulai hari ini
#Persija
#TSC2016ID
pic.twitter.com/OuLfbOlqyb
— Persija Jakarta
August 31, 2016


Penunjukkan Mamak sebagai pelatih Persija sebenarnya merupakan sebuah kejutan. Sebab, Persija sebelumnya dikaitkan oleh salah satu pelatih asing yang punya segudang prestasi di kancah sepakbola nasional, Jacksen F Tiago.