#Terkini:  Tinggal Tiga Kloter Jemaah Haji di Madinah

AnekaNews.com  – Hari ini, Rabu 31 Agustus 2016, merupakan keberangkatan terakhir jemaah haji Indonesia dari Madinah ke Mekah. Sebanyak sembilan kloter diberangkatkan mulai pukul 06.00 waktu Arab Saudi, atau 10.00 WIB, hingga pukul 18.00 waktu Saudi, atau 22.00 WIB.

Menurut data dari Kepala Seksi Kedatangan dan Pemulangan Daker Madinah, Wahyu Utomo, jemaah Kloter 35 Embarkasi Jakarta Bekasi , menjadi rombongan pertama yang diberangkatkan hari ini ke Mekah. Jumlah jemaah dalam kloter ini sebanyak 448 orang.

Sementara itu, jemaah Kloter 14 Banjarmasin merupakan rombongan terakhir yang diberangkatkan ke Mekah dari Madinah. Jumlah jemaah tercatat 296 orang.

Data terbaru, hingga saat ini, sudah enam kloter yang diberangkatkan ke Mekah. Sisa tiga kloter, yaitu Kloter 33 Embarkasi Surabaya , Kloter 34 Embarkasi Surabaya , dan Kloter BDJ 14.  Tiga kloter ini akan diberangkatkan hari ini, masing-masing pukul 16.00 waktu Saudi, atau 20.00 WIB untuk SUB 33 dan SUB 34, sedangkan BDJ 14 pukul 18.00 waktu Saudi, atau 22.00 WIB.

Kepala Daker Madinah, Nasrullah Jasam mengatakan, setelah semua jemaah haji diberangkatkan dari Madinah menuju Mekah, petugas Daker Madinah selanjutnya akan berkoordinasi dengan Daker Mekah dan Daker Airport Jeddah-Madinah, serta Satuan Operasi Arafah-Muzdalifah-Mina .

Koordinasi itu, untuk persiapan jelang puncak haji dan prosesi melempar jumrah di Mina. “Daker Madinah nantinya akan bertugas di Mina pada 10-12 Dzulhijjah,” kata Nasrullah.

Nasrullah menambahkan, sudah banyak langkah dan persiapan yang dilakukan, termasuk pengaturan jadwal melempar jumrah. Selain itu, untuk melayani dan melindungi jemaah selama prosesi haji, disiapkan juga tim Gerak Cepat untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, menurut Nasrullah, mengenai jemaah haji yang masih berada di Madinah karena alasan kesehatan, petugas akan menyusulkan ke rombongan kloternya ke Mekah. Jemaah yang perkembangan kesehatannya sudah membaik di Klinik Kesehatan Haji Indonesia , jika memungkinkan diberangkatkan dengan ambulans.

Namun, Nasrullah menambahkan, bagi jemaah karena kondisi kesehatannya kurang memungkinkan untuk diberangkatkan ke Mekah, dan terpaksa tinggal selama perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi Madinah, maka akan dibadalhajikan.

“Tetapi, kalau yang masih mampu berangkat ke Mekah, akan menjalani safari wukuf,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Sektor Bir Ali dan Terminal Hijrah, Sahbuddin Abdul Kadir juga menyatakan kesiapannya menerima kedatangan sembilan kloter terakhir jemaah haji untuk mengambil miqat, sebelum diberangkatkan ke Mekah. “Alhamdulillah, semua berjalan lancar hingga saat ini,” ujar Sahbuddin.

Hingga hari ini pukul 09.00 waktu Saudi, atau 13.00 WIB, jumlah jemaah haji reguler yang tiba di Arab Saudi mencapai 127.421 orang. Sementara itu, jemaah haji khusus sebanyak 4.648 orang.

Jumlah jemaah haji reguler itu tergabung dalam 316 kloter, sedangkan haji khusus 83 penyelenggara ibadah haji khusus .